Video Pilot

Pesawat dengan Pilot Wanita

Pilot adalah pengemudi pesawat terbang, atau disebut juga penerbang atau juru terbang. Menjadi Pilot merupakan sebuah profesi yang menuntut keahlian/skill untuk mengemudikan sebuah pesawat. Seorang pilot harus mengikuti ujian resmi yang diadakan oleh sekolah penerbangan dan otoritas penerbangan.

Dalam tugasnya Pilot dan Co-Pilot berada dalam ruang kokpit pesawat, pilot dibantu oleh seorang co-pilot. Selama penerbangan berlangsung semenjak pintu terakhir pesawat ditutup untuk take-off hingga pintu pertama dibuka setelah landing, pilot dan co-pilot akan mengikuti jalur-jalur penerbangan yang telah ditentukan/didaftarkan dan terprogram melalui bantuan sistem navigasi pesawat serta mengikuti informasi yang diberikan oleh menara kontrol lalu-lintas di bandar udara saat pesawat take-off dan saat akan landing dibandara tujuan, serta petugas pelayanan lalu lintas penerbangan di sepanjang perjalanan.

Pembicaraan yang dilakukan pilot, co-pilot dengan petugas pelayanan lalu lintas udara akan direkam oleh kotak hitam/Black Box ( cockpit voice recorder) dan hampir semua parameter dari sistem yang ada direkam oleh kotak hitam (flight data recorder) ini. Kotak hitam ini sangat penting untuk dianalisis dalam rangka rekomendasi pencegahan terulangnya kecelakaan penerbangan yang sama dikemudian hari.

Dalam rangka edukasi kita atau untuk menambah pengetahuan tentang seluk beluk kegiatan pilot didalam ruang kokpit pesawat, maka dibawah ini ditampilkan video perjalanan pesawat Air Baltic di eropa penerbangan menuju Hamburg. 

Agar anda dapat menikmati suasana seperti benar-benar ada didalam pesawat maka sebaiknya tontonlah video ini dengan memakai Earphone (Handsfree) di telinga.

Semoga menjadi tontonan yang menyenangkan.

Pilot Kapten Marina

-----ooooo000ooooo----- (SP)